Cara Paling lengkap Setting MIC EXTERNAL Untuk Handphone Xiaomi




Buat sobat yang hobi sharing video di youtube memakai aplikasi smule dengan gadget xiaomi, sudah pasti membutuhkan micrpophone eksternal ini sebagai alat tambahan yang digunakan agar suara terdengar lebih baik. Hal ini dikarenakan microphone asli bawaan dari handphone xiaomi terkadang kualitasnya tidak terlalu bagus untuk dipakai merekam video bersuara.

Kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara setting dan aplikasi yang dapat di instal agar microphone eksternal ini dapat berfungsi untuk gadget xiaomi yang sobat miliki. Karena pada awal saya mencoba microphone eksternal ini untuk merekam video di handphone xiaomi, saya tidak dapat memfungsikannya di aplikasi camera bawaan, sehingga saya beranggapan kalau microphone eksternal yang saya beli online ini rusak dan tidak dapat digunakan.

Aplikasi yang sobat dapat gunakan agar microphone ini dapat berfungsi di handphone xiaomi adalah Open Camera yang dapat sobat download di google playstore.

Dengan aplikasi ini sobat bisa menggunakan microphone eksternal yang sobat beli, karena aplikasi camera bawaan xiaomi sebagian kecil tidak mendukung microphone eksternal. Akan tetapi jangan lupa, selain microphone ada lagi alat tambahan yang perlu sobat tambahkan, yaitu audio splitter. Berikut adalah contoh gambar dari audio splitter :

Audio splitter ini berguna untuk menggabungkan kabel male audio dan mic untuk dapat di gunakan sekaligus. Jadi, jika tidak ada audio splitter ini kemungkinan sobat tidak dapat menggunakan microphone yang dibeli untuk diaplikasikan ke handphone xiaomi.

Cara setting aplikasi open cameranya sangat mudah. Caranya adalah :

1. Buka pengaturan aplikasi open camera.
2. Pada Audio source, sobat dapat memilih External mic (if present)
3. Untuk Audio channels sobat  dapat memilih stereo (only supported on some device)




Jika sudah mengikuti settingan diatas, sobat bisa mencoba merekam 1 video dengan suara pada jarak yang tidak terlalu jauh dari microphone.


10 komentar

itu spliternya dicolokan ke lobang buat earphone/headset/handsfree gan ? soalnya HP Xiaomi punya sy (mi max 2) colokan bulat nya untuk earphone/headset

ya gan, untuk Audio splitternya itu dicolokin di lubang headset gan.

Mic condensor aky kok brisik bngt ya gan. Kalau masuk ktv room starmaker.
Itu kurang seting atau mic nya ya yg rusak

Bang Aku pake hp Xiaomi redmi 4a aku dah coba pake kabel Splitter yang ijo merah gak ada suaranya, pake kabel otg juga. Apa gak support dua2nya atau harus pake kabel Splitter U?

Untuk xiaomi redmi4a gk bisa ya..

Bang punya saya ga ada suaranya


EmoticonEmoticon