Cara Mengatasi Android Xiaomi Yang Reboot dan Tidak Bisa Masuk Mode EDL Dengan Kertas Rokok

Buat kalian yang suka ngoprek android pastinya sudah tau dong, apa itu EDL? EDL adalah kepanjangan dari Emergency download mode. Mode ini umumnya ditempuh apabila smartphone Xiaomi atau samsung yang digunakan dalam keadaan bootloop atau softbrick tetapi belum melakukan unlock bootloader. Selain itu, mode ini merupakan sebuah solusi terakhir apabila kita ingin mengganti room dari room bawaan yang didapat dari distributor agar kedepannya dapat melakukan update langsung melalui Updater. EDL ini merupakan mode dimana Qualcomm Snapdragon berada dalam mode download image, dimana mode ini merupakan solusi terakhir yang akan dideteksi PC/Laptop agar dapat menolong sebuah perangkat Qualcomm yang mengalami hardbrick.

Di artikel ini saya tidak akan menjelaskan langkah-langkah masuk ke dalam mode EDL, karena mungkin untuk penjelasan seperti itu akan saya ulas di lain waktu. Dari beberapa masalah yang saya temukan ketika ingin masuk kedalam mode EDL, adalah xiaomi yang saya gunakan mengalami reboot dan tidak dapat masuk kedalam mode EDL sekalipun saya mencobanya dengan beberapa kombinasi tombol maupun perintah CMD di komputer. Bebarapa cara yang saya dapatkan dari internetpun tidak dapat mengatasi masalah ini. Hingga saya menemukan trik sederhana dengan memanfaatkan kertas kemasan rokok yang biasa kita temukan didalam bungkus rokok. 

Menggunakan kertas pembungkus rokok yang biasa kita temukan didalam bungkus rokok adalah cara mudah dan murah jika dibandingkan kita membeli kabel khusus untuk dapat masuk kedalam mode EDL ini. Langkah langkah mudah mengatasi smartphone android selalu reboot atau restart ketika akan masuk kedalam mode EDL sangatlah mudah dibawah ini adalah caranya :

1. Siapkan kertas kemasan rokok. Kertas ini adalah kertas yang berwarna kuning emas yang sering
    kita temukan didalam bungkus rokok. Lipat menjadi dua lipatan tipis, kemudian gunting bagian
    yang sudah kita lipat tersebut.


2. Setelah itu siapkan kabel usb yang akan kita gunakan untuk menghubungkan smartphone android
    ke PC/komputer. Masukan lipatan kertas tersebut ke dalam lubang usb tepat berada di pin nomer 2
    pada usb yang nantinya akan kita hubungkan ke PC/komputer. Lipatan tersebut harus menutupi pin
    nomer 2 saja jangan sampai menutupi bagian pin lainnya.


3. Sambungkan usb kabel yang sudah di masukan kertas tersebut ke PC/Komputer. Turn Off kan
    smartphone android xiaomi yang sobat miliki, kemudian sambungkan bagian lain dari port usb 
    ke smartphone android xiaomi yang sobat miliki. Jika belum terkoneksi atau smartphone yang di
    gunakan tersebut masih reboot, usahakan untuk mencabut koneksi usb yang terhubung ke
    PC/komputer tersebut kemudian sambungkan kembali sampai berhasil terkoneksi ke PC/komputer.

Apabila sobat sudah mengikuti langkah-langkah yang saya berikan diatas dengan benar, pastinya Android Xiaomi yang sobat gunakan tidak mangalami reboot diwaktu akan masuk ke mode EDL. Cara ini adalah cara hemat yang dapat sobat gunakan agar tidak mengeluarkan uang lebih untuk membeli kabel usb khusus yang bisa sobat gunakan untuk masuk ke mode EDL. Jika sobat mengalami kesulitan dalam menjalankan tutorial diatas, sobat dapat meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia dibawah artikel ini.








EmoticonEmoticon