Cara Instal Berbagai Windows dari USB Flashdisk Lengkap dan Mudah Disertai Gambar

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menginstal windows baik itu windows 7, windows 8 atau windows 10 menggunakan flashdisk. Bagi sobat yang memiliki laptop yang dilengkapi dengan DVD drive pastinya tidak tidak kesulitan jika ingin menginstal windows menggunakan CD atau DVD windows. Berbeda jika sobat yang memiliki notebook yang pastinya bingung jika notebook yang dimiliki tidak dilengkapi dengan DVD room.

Perlu diketahui fungsi dari DVD room adalah perangkat yang berguna untuk membaca data pada DVD. Di dalam DVD terdapat dua bagian yang sangat krusial, yaitu Physical Formats (Format Fisik) & Application Format (Format pelaksanaan). Yang dimaksud menggunakan format fisik merupakan bentuk piringan DVD seperti DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Format ini memiliki kelebihan & kekurangan masing-masing. Sedangkan yang dimaksud dengan format pelaksanaan merupakan, DVD yang di dalamnya terdapat bentuk rekaman video, audio atau recording.

Jika sobat memiliki notebook dan ingin sekali menginstal windows, sobat tidak perlu lagi bingung atau menghabiskan uang yang dapat menipiskan dompet hanya untuk membeli DVD room eksternal yang harganya lumayan mahal. Oleh karena itu saya akan memberikan tutorial lengkap yang disertai gambar agar sobat dapat menginstal windows 7, windows 8 atau windows 10 tanpa menggunakan DVD room eksternal. Sobat hanya menyiapkan flashdisk dengan kapasitas 8 GB atau lebih, kemudian aplikasi rufus versi 3.1 yang dapat sobat download langsung melalui link (Download disini), dan file windows yang berformat iso. Untuk file windows yang berformat iso, sobat dapat mencarinya langsung di google atau  langsung melalui situs resminya microsof. Dan perlu diingat jika file windows yang akan kita gunakan adalah file yang berformat iso dan pastinya memiliki serial number resmi yang kita beli, bukan dari hasil crack windows atau lainnya yang dapat merugikan perusahaan pembuatnya.

File iso adalah file pengganti kepingan DVD yang akan kita masukan kedalam flashdisk dengan bantuan aplikasi rufus versi 3.1. Cara memakainya ikuti langkah dibawah ini.


1. Masukan flasdisk lalu Jalankan aplikasi rufus. Flasdisk yang sobat gunakan ini nantinya akan
    terbaca otomatis dari aplikasi rufus yang dijalankan.


2. Cari file windows iso yang sudah sobat download, kemudian cari partisi tempat sobat menyimpan
    file windows tersebut. Klik open jika file windows.iso tersebut ditemukan. Contoh disini saya
    menggunakan windows 8 untuk menginstal laptop yang saya miliki.


3. Setelah itu secara otomatis file sistem dari NTF yang ada didalam flashdisk akan berubah
    menjadi FAT32. Klik start untuk langkah ini.


4. Pada bagian ini sobat akan mendapat pemberitahuan jika flashdisk yang akan digunakan untuk
    memasukan file windowss ini akan di format. Pastikan data-data penting yang ada didalam
    flashdisk sudah sobat backup atau amankan sebelumnya. Klik OK agar flashdisk di format. (Jika
    belum, batalkan langkah ini dengan cara klik Cancel dan lakukan backup).



5. Tunggu proses pemindahan file windows dari laptop  yang sobat gunakan ke flashdisk yang akan
    dipakai untuk menginstal windows. Pada tahap ini, biasanya membutuhkan proses sekitar 5-10
    menit. Tergantung dari kecepatan transfer dari flasdisk yang sobat miliki.



6. Jika sudah, akan ada laporan DONE pada aplikasi. Ini berarti sobat dapat menggunakan Flasdisk
    tersebut untuk menginstal windows. Silahkan eject flashdisk dan cabut flashdisk.


Untuk tahap penginstalan, sobat dapat memasukan kembali flashdisk tersebut kedalam laptop atau komputer. Kemudian sobat atur BIOS agar booting pertama kali dari flashdisk. Untuk masuk kedalam BIOS, pada saat memulai menyalakan laptop atau komputer biasanya menekan tombol f2 atau tombol f.. lainnya tergantung dari merek laptop atau komputer yang sobat miliki. Pada tahapan penginstalan sobat dapat melihat tutorial yang saya buat sebelumnya pada link yang saya sediakan dibawah ini.



EmoticonEmoticon