Cara Tepat Memperbaiki dan Mengatasi Kesalahan Perayapan Di Google Webmaster

Membuat website atau blog yang baik tentunya dibutuhkan kerja keras. Bukan hanya sekedar menulis atau memberikan sebuah artikel lalu mempublikasikannya saja, merawat website juga dibutuhkan perhatian yang sangat cermat agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang mungkin tidak membuat nyaman pengunjung. Di artikel yang lalu saya juga pernah mengulas cara memperbaiki kesalahan error 404 pada website dengan cara permanen. tutorial tersebut ternyata tidak dapat menghapus kesalahan secara permanen melainkan hanya sementara saja. Saya pernah mencoba melakukan perayapan ulang dan hasilnya error tersebut muncul kembali. Bagi sobat blogger yang ingin menghapus secara permanen error tersebut mungkin cara yang akan saya berikan nantinnya dapat memperbaiki kesalahan tersebut secara permanen.

Kesalahan perayapan yang saya alami ini disebabkan karena saya pernah mengubah judul sebuah artikel. Ketika saya merubah judul dari artikel yang saya buat, google tentunya sudah merayapi judul pertama yang sudah saya buat di artikel tersebut. Sehingga judul lama yang saya gantikan  itu otomatis tidak terindeks oleh robot perayap yang dimiliki google dan hal tersebut akan membuat kesalahan atau error 404 yang dapat di temukan pada console perayapan aplikasi webmaster.

Kesalahan perayapan yang kita dapatkan ini tidak dapat kita anggap remeh. Karena  secara tidak langsung juga akan menurunkan trafik pengunjung blog yang kita miliki. Pengunjung blog yang mengunjungi link yang error tentu akan dibawa ke halaman eror 404 dan tidak akan menemukan artikel yang kita publikasikan. Jenis-jenis peringatan kesalahan yang mungkin akan sobat temukan di aplikasi webmaster adalah :

1. Kesalahan Server

Kesalahan ini terjadi apabila googlebot tidak dapat mengakses alamat url pada website atau blog yang kita miliki. Biasanya kesalahan ini terjadi karena server atau domain yang kita miliki bermasalah.

2. Akses di Tolak

Kesalahan ini terjadi karena google tidak dapat mengakses suatu halaman ke halaman lainnya. hal ini biasanya disebabkan karena penyedia hosting memblokir akses ke situs yang sobat miliki. Untuk perbaikan sobat dapat menguji apakah robot.txt dapat berjalan sebagaimana mestinya atau tidak. Agar dapat melihat robot.txt berjalan dengan baik, sobat dapat masuk ke akun webmaster, cari menu prayapan, penguji robot.txt lalu lihat apakah ada keterangan kesalahan atau peringatan yang terdapat dibawah kolom uji robot.txt.

3. Kesalahan DNS

Kesalahan DNS ini dikarenakan google tidak dapat berkomunikasi dengan server DNS yang sobat miliki. Untuk masalah ini, sobat dapat menghubungi penyedia layanan domain atau hosting yang sobat sewa.

4. Kesalahan 404 atau Page Not Found

Kesalahan 404 atau Page Not Found adalah kesalahan yang akan kita bahas pada artikel ini. Karena banyak sekali sobat blogger yang menemukan peringatan kesalahan ini didalam aplikasi webmaster yang dimiliki. Untuk memperbaiki kesalahan ini hal yang harus sobat perhatikan adalah laporan berupa link error yang sobat temukan di aplikasi webmaster. Untuk melihatnya, buka menu perayapan, dan kesalahan perayapan
www.wendiak.com
copy link yang didapat pada menu kesalahan perayapan tersebut pada notepad. Di link yang error ini sobat dapat melihat tahun atau bulan pembuatan artikel. Cari artikel yang bersangkutan dengan link error ini. Buka akun blogger yang sobat miliki, kemudian cari semua postingan yang berkaitan dengan tanggal atau bulan pembuatan artikel. Pada contoh masalah diatas link artikel yang saya posting ada di bulan 8/2013 yaitu artikel yang membahas "cara menginstal windows 8".

www.wendiak.com

Jika sudah dipastikan artikel tersebut ada kaitannya dengan link yang bermasalah, Klik lihat agar link artikel terbuka di browser, dan copy kembali link tersebut kedalam notepad.


** Sehingga akan didapat link atau URL yang error dan link atau URL yang masih baik.

www.wendiak.com


Setelah itu kembali lagi ke blog dan cari menu setting atau setelan, dan cari preferensi penelusuran serta pengalihan khusus. Masukan URL yang error tersebut pada kolom "Dari:" yang terletak diatas, dan URL yang masih baik pada kolom "Kepada :" dibawahnya.

Contoh Link

Link yang error : https://www.wendiak.com/2013/08/kali-ini-saya-akan-menjelaskan-cara.html
link yang benar : https://www.wendiak.com/2013/08/menginstal-windows-8-lengkap.html

* /2013/08/kali-ini-saya-akan-menjelaskan-cara.html (contoh link ini saja yang dimasukan dikolom pertama dimulai dari /2013.... sampai .html)
** /2013/08/menginstal-windows-8-lengkap.html (contoh link ini saja yang dimasukan dikolom kedua dimulai dari /2013.... sampai .html)

Hasilnya seperti ini 


Jika link seperti contoh diatas sudah dimasukkan, centang kolom yang ada di sebelah kiri dan kolom permanen lalu klik simpan perubahan. Apabila sudah dilakukan, kembali lagi ke akun webmaster yang sobat miliki, kemudian cari kembali menu perayapan, kesalahan perayapan, centang link error yang sudah diperbaiki tadi kemudian klik pilihan berwarna merah "TANDAI SEBAGAI TELAH IPERBAIKI" dan ok. 



Apabila sobat sudah mengikuti tutorial diatas dengan benar, sudah dapat dipastikan jika tidak akan ada lagi kesalahan perayapan yang akan kita jumpai di menu perayapan. Jika sobat mengalami kesulitan dalam memperbaiki kesalahan perayapan, sobat dapat meninggalkan komentar di bawah artikel ini.




EmoticonEmoticon