Cara Memanfaatkan Situs Khusus Terpercaya Untuk Scanning dan Basmi Virus Secara Online Tanpa Antivirus

Virus komputer yang menjangkiti komputer pribadi atau perusahaan merupakan program yang sengaja dibuat untuk menyerang komputer. Virus juga dapat merusak program normal yang berjalan di komputer dengan menggunakan cara umumnya seperti memperbanyak, mengcopy, atau menyalin dirinya sendiri agar dapat memakan memori komputer sebanyak-banyaknya sehingga mengakibatkan komputer yang dimiliki seseorang  berjalan dengan lambat ketika dipakai. Pengertian virus secara digital dengan virus secara biologis hampir sama dampak umum dan sifatnya yang dapat merusak ketahanan tubuh yang sehat.

Seperti yang kita ketahui, virus yang ada pada perangkat komputer dapat masuk melalui banyak cara. Sumber utama masuknya virus adalah melalui sambungan internet atau USB device yang digunakan untuk menyimpan dan mengirim file. Selain itu virus dapat menyebar apabila  kita menginstal perangkat lunak terinfeksi yang kita dapatkan dari internet. Virus-virus tersebut dapat membuat komputer kita berjalan dengan lambat karena sebagian besar virus dapat menghabiskan RAM yang tersedia. Terdapat banyak varian virus berbahaya yang dimanfaatkan oleh seseorang. Mulai dari virus biasa, virus yang digunakan untuk memata-matai komputer yang dijangkitinya, hingga mencuri dan menyalahgunakan data-data penting yang diambil langsung dari perangkat komputer yang dimiliki korbannya.

Untuk menghindari segala sesuatu yang dapat merugikan, lebih baiknya kita selalu waspada dengan cara tetap memperbarui atau mengupdate antivirus yang kita pasang. Karena sering sekali ditemukan varian-varian terbaru dari virus yang sengaja di ciptakan untuk mendapatkan keuntungan bagi si pembuatnya. Contohnya pada kasus yang terjadi pada tahun lalu ketika virus Ransomware menginfeksi banyak sekali komputer-komputer di dunia. Virus ini bekerja dengan cara mengenkripsi atau mengunci data-data penting yang digunakan oleh lembaga pemerintahan dan mengharuskan file yang terkunci tersebut ditebus dengan sejumlah uang jika ingin file tersebut dapat digunakan kembali.

Selain antivirus yang dapat diinstal pada komputer, sobat juga dapat mencoba memanfaatkan beberapa situs terpercaya yang dapat digunakan untuk menganalisa berkas file menggunakan banyak antivirus di dalamnya dan tentunya sangat aman jika sobat menggunakannya untuk scan file atau aplikasi secara online  sebelum kita menginstalnya. Berikut ini adalah situs yang menyediakan layanan scan file atau aplikasi secara online.

1. VirusTotal


www.wendiak.com

VirusTotal.com ini adalah website yang memiliki fungsi untuk memeriksa arsip atau berkas yang di kawatirkan terjangkit virus, worm, trojan, atau segala jenis perangkat perusak lainnya dengan menggunakan 54 jenis antivirus. VirusTotal menggunakan berbagai macam versi antivirus yang selalu diupdate secara teratur dengan menggunakan basis data resmi yg diterbitkan oleh masing-masing pengembang antivirus. Meskipun sangat bermanfaat, VirusTotal juga pastinya memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya adalah batas maksimum berkas yg dapat dianalisa atau discan hanya 64 MB saja. Cara memanfaatkan situs layanan ini sangat mudah. Sobat dapat mengupload file yang dikhawatirkan virus tersebut langsung dari situs VirusTotal.com.

www.wendiak.com

Buka situsnya di https://www.virustotal.com/ klik chose file, cari file atau aplikasi yang sobat curigai sebagai virus. Biarkan hingga aplikasi antivirus yang terdapat di situs tersebut memindai file atau aplikasi yang dicurigai.

www.wendiak.com

Jika terdapat peringatan yang ditandai dengan tanda seru berwarna merah, itu berarti file yang sobat miliki terinfeksi oleh virus.

2. Virusdesk.Kaspersky


www.wendiak.com

Serupa dengan virustotal, virusdesk.kapersky juga merupakan situs layanan online yang memberikan kemudahan untuk memeriksa file-file yang mengandung virus. Sedikit berbeda dari virustotal, situs ini hanya dikelola oleh satu antivirus terkemuka di dunia yaitu Kaspersky. Kaspersky adalah antivirus terkenal yang berasal dari Rusia dan sangat ampuh mendeteksi berbagai macam varian virus. Cara menggunakan situs ini sama seperti langkah yang terdapat pada situs virustotal.com. Sobat dapat mengupload file yang dicurigai virus dengan mengklik icon klip dan cari file yang dicurigai tersebut. Untuk mencobanya sobat dapat mengunjungi situs https://virusdesk.kaspersky.com/.

3. Virscan.org


www.wendiak.com


Virscan.org juga dapat sobat gunakan untuk memeriksa file yang didapat dari internet atau dari pertukaran file melalui flashdisk. Virscan.org juga sama fungsinya dengan situs-situs yang saya sampaikan diatas. Sobat dapat langsung mengunjungi www.virscan.org untuk memeriksa file yang dicurigai  terinfeksi virus dengan sangat akurat. Klik choose file dan cari file yang diduga virus lalu biarkan antivirus-antivirus yang ada di situs tersebut memeriksa file-file yang diduga virus.

Apabila file atau aplikasi yang sobat dapatkan tersebut terdeteksi sebagai virus melalui situs-situs diatas, sobat dapat mengurungkan tindakan selanjutnya untuk menginstal atau membuka file tersebut. Hapus manual file atau aplikasi yang didapat, agar komputer tidak terinfeksi virus yang dapat merusak atau menghapus dokumen penting yang terdapat pada komputer yang sobat miliki.


EmoticonEmoticon