Cara Lengkap Mencari dan Perbaiki (BROKEN LINK) Pada Website

Cara Lengkap Mencari dan Perbaiki (BROKEN LINK) Pada Website - Menjaga kesehatan blog atau website bukanlah perkara yang mudah. Seorang blogger dituntut untuk tetap selalu mengoptimalkan blognya dengan cara tetap menjaga blog agar pengunjung tetap nyaman berada didalam blog atau website yang kita bangun. Salah satu yang membuat pengunjung blog kita merasa tidak nyaman adalah adanya broken link atau rusaknya link yang kita masukan di dalam artikel sehingga pengunjung blog atau website yang mengunjungi link tersebut tidak menemukan apa yang mereka inginkan. Hal ini adalah pengalaman yang saya alami ketika pengunjung blog mulai berkurang secara drastis.

Broken Link  bisa terjadi karena link yang kita arahkan pada situs tertentu tersebut sudah tidak aktif lagi. Seperti contoh ketika saya menautkan link download sebuah aplikasi di google playstore. ketika dikunjungi situs tersebut mengalami error 404 dikarenakan pembuat aplikasi sudah mengganti nama aplikasi tersebut di google playstore sehingga link yang  seharusnya mengarah ke aplikasinya pun berubah.


Awal bulan  April blog ini mengalami jumlah pengunjung yang semakin berkurang. Dan saya mencoba memperbaikinya sehingga pengunjung blog sederhana ini dapat merasa nyaman ketika mengunjungi blog ini. Caranya adalah dengan memperbaiki dan mencari kesalahan yang mungkin terdapat diblog ini. Saya menemukan hampir 800-an broken link dan berusaha untuk memperbaikinya dengan bantuan situs gratis yang menyediakan layanannya sehingga kita mengetahui link-link mati yang terdapat di situs.

Cara untuk memperbaiki broken link yang harus kalian ketahui adalah dengan memeriksa link-link rusak yang terdapat di blog aau website yang kita miliki. Akan dirasa sulit jika harus membuka link-link yang rusak tersebut satu-satu tanpa bantuan software atau sejenisnya. Untuk dapat memperbaikinya dengan mudah, kalian dapat mengikuti langkah-langkah lengkap yang saya sediakan dibawah ini agar bisa memperbaikinya.

1. Mencari Broken Link Dengan Bantuan Situs

Cara Lengkap Mencari dan Perbaiki (BROKEN LINK) Pada Website


Hanya dengan bantuan situs www.brokenlinkcheck.com kalian dapat memperbaiki link-link rusak yang ada didalam website kalian. Setelah masuk kedalam situs tersebut, isi nama situs kalian pada kolom enter url, masukan security code, lalu klik find broken now. Biarkan situs tersebut mencari link-link rusak yang ada pada website atau blog yang kalian miliki.



2. Memeriksa Letak Broken Link Pada Blog




Setelah mengikuti langkah diatas, kalian dapat melihat link-link apa saja yang rusak pada tabel yang muncul. Klik url atau src yang terdapat pada kolom page where found untuk menemukan letak link-link yang tidak aktif tersebut.


3. Memperbaiki Broken Link



Pada kasus yang saya alami, banyak sekali saya menemukan broken link yang berkaitan dengan komentar di blogspot. Seperti contoh broken link yang saya temukan seperti https://www.blogger.com/profile/1965xxx. Masalah yang ada disini dikarenakan komentar pada blogger masih dikaitkan dengan akun google plus. Sedangkan google plus sendiri sudah resmi ditutup pada awal bulan april. Jika sobat menemukan masalah seperti ini sobat bisa memindahkan atau mengimport komentar-komentar yang masih dikaitkan dari blogger ke dalam disquss. Kalian dapat membuat akun disquss terlebih dahulu untuk mempermudah memindahkan komentar-komentar pengunjung blogger yang masih terkait dengan google plus. Apabila kalian menemui kesulitan dalam menjalankan tutorial diatas, kalian dapat meninggalkan komentar dibawah artikel ini.










EmoticonEmoticon