CAra Mempercepat Koneksi Internet Android Untuk Semua SIM CARD Tanpa Root

CAra Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Root Untuk Semua SIM CARD Tanpa Root - Zaman kini berubah seiring dengan perkembangannya. Manusia di zaman ini tidak lagi sulit mendapatkan sebuah informasi. Dengan Internet seseorang akan lebih mudah mendapatkan informasi dengan sangat cepat hingga ke berbagai belahan dunia tanpa harus mengandalkan media cetak seperti majalah ataupun koran. Masyarakat di Indonesia adalah termasuk pengguna Internet terbesar ke-6 di Dunia setelah Jepang sehingga ini dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk membangun provider penyedia layanan Internet di Indonesia untuk mendapatkan keuntungan dari konsumennya.

Tapi apakah koneksi Internet di Indonesia adalah yang tercepat di dunia? Menurut data yang dikumpulkan oleh hootsuite dan we are social, ternyata Indonesia menduduki peringkat ke 42 dari total 46 Negara lainnya yang memiliki jaringan Internet. Negara yang menduduki peringkat pertama dengan koneksi internet tercepat di Dunia adalah Singapura yaitu dengan rata-rata kecepatan koneksi 190,9 Mbps. Cukup mengecewakan ya, jika hal ini tidak sebanding dengan besarnya pemakai koneksi Internet yang ada di Indonesia.

Nah dari pada kita pusing-pusing menunggu dan berharap jika suatu saat kecepatan Internet di Indonesia bisa menduduki posisi teratas di Dunia, alangkah baiknya kita berusaha mengakali bagaimana caranya agar kita bisa membuat koneksi Internet yang akan kita gunakan nantinya dapat memiliki koneksi yang lumayan cepat. Kita sendiri tahu jika provider yang ada di Indonesia seperti Xl, Indosat IM3, Telkomsel, 3 Three , sudah memperluas jaringannya di seluruh Indonesia dari kota hingga ke pelosok desa, akan tetapi kita juga sering sekali merasakan jika koneksi internet yang kita pakai di android ataupun komputer, koneksinya tidak stabil atau lelet entah karena wilayah yang kita tempati memiliki permukaan yang dikelilingi oleh pegunungan atau daerah-daerah tersebut merupakan daerah perbukitan yang mungkin menghalangi signal dari BTS yang dipancarkan oleh penyedia layanan sim card.


Di kesempatan ini saya akan membagikan cara atau tips agar kalian bisa menikmati kecepatan internet di Android yang stabil sehingga sobat dapat bermain game, mendownload atau streaming video di youtube tanpa harus khawatir dengan koneksi internet yang tidak stabil atau lelet. Sobat juga tidak perlu kawatir dengan tips yang akan saya berikan ini, karena cara yang saya berikan ini tidak membutuhkan akses root sehingga sobat dapat menggunakan aplikasi yang ada didalam tutorial ini tanpa harus direpotkan dengan hal tersebut. 

Cara untuk mempercepat koneksi internet ini juga dapat kalian gunakan untuk semua jenis sim card seperti Xl, Indosat IM3, telkomsel, 3 Three atau Jenis sim card lainnya yang memiliki koneksi jaringan 2G/3G/4G. Seperti biasa, sebelum kalian menjalani tutorial yang akan saya berikan ini, terlebih dahulu kalian dapat mendownload sebuah aplikasi yang bernama "Termux" disini (Download). Termux merupakan sebuah aplikasi kepanjangan dari terminal dan linux yang dapat kalian gunakan tanpa akses root di android. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, sobat dapat mempercepat koneksi internet agar cepat dan stabil. Langkah-langkahnya adalah :

1. Mengatur APN Internet 

Sebelum dapat menggunakan aplikasi termux, hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mengatur APN atau akses poin yang terdapat pada pengaturan sim card. Buka Pengaturan atau Setelan yang terdapat pada Android. Cari menu Setelan - Pilih Sim Card yang ingin diatur APN nya - Nama Titik Akses (APN). Jika sudah berada pada menu APN, Kalian bisa memasukan pengaturan sebagai berikut :

Nama : termux123 
APN : au.au-net.ne.jp
Nama Pengguna : Internet.ben
Sandi : shwap
Protokol APN : ipv4/ipv6
Protokol Roaming APN : ipv4/ipv6

Untuk menu titik akses lainnya biarkan kosong. Jika sudah, kalian bisa menyimpan dan menjadikan pengaturan diatas sebagai default.

2. Melakukan Ping Dengan Aplikasi Termux

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan data seluler. Setelah data seluler aktif, kalian buka aplikasi Termux yang sudah kalian download di link yang saya sediakan diatas. Instal aplikasi termux kemudaian jalankan aplikasi tersebut. Masukan perintah kedalam aplikasi tersebut seperti perintah yang saya buat dibawah :

Perintah Pertama : Ketik apt update && upt upgrade (biarkan aplikasi selesai menjalankan update
                               hingga 100% dan ketik Y jika muncul pilihan Y/N Y disini berarti Yes)

Perintah Kedua   : Ketik Ifconfig . Jangan bingung jika kalian melihat banyak tulisan yang muncul.
                              Kalian disni hanya mengcopy IP adress dari perangkat yang kalian gunakan. Copy
                              IP adress yang ditandai setelah inet addr : 172.118.19.90 (copy angkanya saja.
                              Angka ini yang dinamakan IP adress. Angka ini pastinya akan berbeda dengan
                              angka yang terdapat pada perangkat yang kalian gunakan)

Perintah Ketiga   : Ketik ping (spasi) -s (spasi) 1000 dan pastekan IP adress yang kalian copy tadi.
                              Sehingga  akan seperti ini contohnya : (ping -s 1000 172.118.19.90)

CarA Mempercepat Koneksi Internet Android Untuk Semua SIM CARD Tanpa Root

Jika perintah ketiga sudah kalian jalankan, kalian akan menemukan banyak tulisan berjalan yang muncul. Biarkan saja proses ping pada aplikasi termux berjalan. Aplikasi termux yang bekerja itu bisa kalian minimize (jangan di close) sambil kalian membuka aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk browsing, youtube ataupun game-game online.

3. Tes Kecepatan Internet

Untuk tes kecepatan koneksi internet yang kalian gunakan setelah mencoba cara diatas, kalian bisa melihat kecepatan koneksi internet yang kalian gunakan dengan bantuan aplikasi lainnya yang bisa kalian download langsung di google playstore seperti contoh speedtest.net . Cara ini tidak harus kalian jalankan, akan tetapi tidak ada salahnya jika kalian mencoba membandingkan kecepatan koneksi internet yang kalian gunakan sebelum atau sesudah memakai aplikasi termux.


Trik diatas tentunya sudah dapat membuat koneksi internet yang kalian paka sangat setabil bukan? Dengan menjalani trik diatas, pastinya kalian akan mendapatkan koneksi internet yang lancar, cepat dan setabil dengan jaringan 2G, 3G, atau 4G. Saya sendiri telah membuktikannya ketika bermain game online PUBG mobile di android dengan hanya mendapatkan koneksi internet dijaringan H+ atau 3G. Sangat lancar dibandingkan jika tidak menggunakan aplikasi diatas sehingga koneksinya mudah putus nyambung. Apabila ada bagian dari tutorial diatas yang masih kalian kurang paham atau ingin ditnyakan, kalian bisa meninggalkan komentar dibawah artikel ini.


EmoticonEmoticon