Cara Lengkap Merakit PC GAME Disertai Gambar

Pernahkah terbayang dipikiran sobat yang menginginkan merakit PC GAME sendiri dengan modal tipis dan nekat? Tidak perlu khawatir jika kalian memiliki budget yang sedikit tetapi memiliki keinginan yang besar untuk belajar merakit PC GAME dengan modal yang pas-pasan. Di artikel ini saya akan menjelaskan cara yang dapat kalian gunakan sebagai pelajaran untuk merakit sebuah PC GAME dengan mudah, lengkap beserta gambar dan harga perangkat yang bisa kalian beli sendiri melalui toko-toko online seperti tokopedia atau bukalapak.

Sebelum kalian mulai mencoba merakit sebuah PC GAME dengan baik, sebagai pemula tentunya kita harus mengenali terlebih dahulu jenis-jenis perangkat keras maupun perangkat lunak yang perlu kalian persiapkan agar nantinya PC GAME yang ingin kita rakit dapat dijalankan dengan baik. Apa saja perangkat-perangkat yang perlu dipersiapkan untuk merakit PC GAME? Dibawah ini adalah perangkat-perangkat yang perlu kalian persiapkan sebelum memulainya.

Komponen Dalam PC GAME Yang Akan Kita Rakit


1. Motherboard


Motherboard adalah jenis perangkat keras atau papan sirkuit yang sangat berfungsi untuk tempat menempelnya komponen-kompenen PC GAME yang akan kita rakit. Komponen-komponen yang akan kita masukan didalam motherboard PC GAME ini adalah processor, hardisk, RAM, dan lainnya.  Didalam motherboard juga terdapat slot-slot yang berguna sebagai penghubung perangkat dan lalu lintas data agar komputer tersebut dapat bekerja dengan baik.


2. Processor (CPU)

Processor adalah otak dari sebuah PC yang berguna untuk mengontrol jalannya sebuah sistem pada komputer. Dengan adanya processor program-program yang terdapat pada komputer atau PC GAME rakitan yang akan kita jalankan, dapat berjalan dengan baik. Processor ini nantinya dapat kita pasang didalam motherboard.

3. Pasta Processor

Pasta Processor atau yang biasa disebut Thermal Paste, adalah pasta yang mirip sekali bentuknya dengan odol yang berfungsi untuk mendinginkan processsor agar terhindar dari over heat. Thermal paste memiliki fungsi agar panas yang dihasilkan dari processor menuju heatsink dapat dilepaskan ke udara.  Thermal paste ini dioleskan diatas permukaan Processor.


4. PC Cooler

PC Coller adalah perangkat yang kita masukan setelah proses pemasangan Processor selesai.  PC Coller ini dipasang tepat diatas processor. Kegunaan dari PC Coller ini adalah untuk mengurangi panas yang dihasilkan dari Processor yang sudah bekerja keras dalam menjalankan aplikasi-aplikasi ataupun GAME yang kita jalankan nanti. PC Coller dapat juga dipasang didalam casing PC Game. Biasanya PC Coller yang kita letakan tepat berada diatas Processor. PC Coller ini biasanya juga dilengkapi dengan heatsink yang terbuat dari aluminium. Alat ini tentunya dapat menambah proses pendinginan processor menjadi lebih baik lagi.


5. Hardisk

Hardisk adalah perangkat keras yang dapat berguna sebagai media penyimpanan. Didalam Hardisk kita dapat menemukan lebih dari satu piringan yang berfungsi untuk menyimpan data seperti musik, dokumen gambar, game, video dan lain-lain. Hardisk sendiri dibagi lagi jenisnya menjadi IDE, ATA, SATA. ketiga jenis hardisk ini pastinya memiliki keunggulannya masing-masing yang sangat berpengaruh terhadap proses kecepatan pengambilan data dalam komputer.


6. SSD

SSD merupakan singkatan dari solid state drive. Perangkat keras ini merupakan alternatif pengganti hardisk jika kalian memiliki modal lebih untuk merakit PC GAME. Dengan menggunakan SSD kalian dapat dengan cepat mengakses komputer ketika mulai dijalankan ataupun mengakses file-file yang terdapat didalam PC GAME rakitan yang akan kalian gunakan nantinya. Kelebihan menggunakan SSD ini adalah tahan terhadap guncangan. Berbeda sekali dengan hardisk yang sangat rentan terhadap guncangan. Hal ini menguntungkan kalian jika kalian lebih mengutamakan untuk melindungi data yang ada didalam PC yang akan kalian rakit.


7. RAM

RAM adalah perangkat keras lainnya yang berguna untuk menyimpan data berupa instruksi oleh processor. Dengan RAM aplikasi atau GAME dapat berjalan dengan baik. semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka akan semakin baik juga kalian dapat menjalankan sebuah aplikasi atau GAME yang akan kalian mainkan nantinya.

8. VGA

VGA adalah perangkat penting yang berkemampuan untuk mengolah data grafik sehingga data tersebut dapat dengan baik ditampilkan di monitor PC GAME rakitan yang akan digunakan. Setiap PC GAME rakitan tentu membutuhkan VGA agar game yang dijalankan di PC dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ada beberapa jenis prosesor yang bisa kita masukkan tanpa membutuhkan VGA. seperti contoh jenis processor AMD Ryzen 3 dan 5. Hanya saja setingan dan kemampuan GAME yang kita mainkan sebatas low dan medium.


9. PSU (Power Supply)

Power suply atau PSU adalah alat yang berguna untuk menyuplai daya listrik ke komponen-komponen yang saya sebutkan diatas. tanpa adanya Power supply maka komputer tentunya tidak dapat dinyalakan. Untuk memilih power supply yang baik, gunakanlah power supply yang memiliki sertifikat. Untuk Srtifikat power supply, usahakan cari yang 80+ seperti contoh power supply merk Hexa, be quiet, Corsair, Antec, Seasonic, dan Enlight serta masih banyak lagi merek-merek yang berkualitas lainnya. Memilih power supply haruslah teliti, karena jika tidak maka kemungkinan besar yang terjadi adalah kerusakan pada perangkat-perangkat keras lainnya seperti yang saya sebutkan diatas. Jika Porcessor diibaratkan sebagai otak, maka power supply merupakan jantung dari sebuah PC GAME yang juga harus kalian perioritaskan.

Untuk perangkat-perangkat lainnya yang perlu kalian siapkan adalah Monitor PC, Keyboard, dan Mouse. Jika semua bahan diatas sudah kalian beli dan siapkan, langkah selanjutnya adalah proses perarakitan dari PC GAME. Di tutorial ini saya akan merakit PC dengan budget 4 jutaan. Merk atau type perangkat yang saya beli adalah :

1. Mother board type "Asrock A320M-HDV (AM4, AMD Promontory A320, DDR4, SATA3)"
2. Processor "AMD Ryzen™ 3 2200G with Radeon™ Vega 8 Graphics"
3. Ram "RAM TEAM ELITE PLUS DDR4 PC19200 / 2400MHZ 2X4GB RED
              DUAL CHANNEL KIT"
4. HDD "Hardisk Seagate 500GB - HDD CCTV" 
6. PSU "PSU ENLIGHT 400 WATT 80+ BLACKSILVER"
7. Casing "Acrylic Front-Panel & PSU-Cover Custom Casing PC"

Disini saya sengaja tidak menambahkan VGA karena budget yang saya miliki sudah tidak mencukupi, akan tetapi sobat tidak perlu khawatir karena procesor yang saya gunakan diatas sudah terintegrasi Radeon Vega 8 Grapics yang dapat menggantikan fungsi dari VGA. Berikut ini adalah cara lengkap Merakit PC GAME yang dapat kalian ikuti tahap demi tahapnya.


Cara Merakit PC GAME


1. Buka pengait Processor (CPU) pada mother board yang ada, masukan processor Ryzen 3 kedalam

    slot processor motherboard tersebut, pastikan tanda panah kuning yang terdapat pada CPU berada
    tepat pada tanda panah yang berada pada slot CPU pada Mother Board. Ketika CPU sudah pas
    terpasang tambahkan thermal paste(biasanya thermal paste sudah menempel di PC Cooler baru
    yang sepaket jika membeli processor) jika ingin menambahkan, kalian bisa mengoleskan thermal
    paste diatas processor secukupnya. Tarik kembali pengait processor/CPU kebawah motherboard.


2. Langkah kedua adalah memasang Fan/Kipas CPU/PC Cooler. Seperti yang saya jelaskan
    diatas, Fan/Kipas CPU/PC Cooler  sudah satu paket dalam pembelian processor, pasang keempat
    baut Fan/Kipas CPU/PC Cooler  pada lubang yang tersedia tepat diantara slot processor. Putar
    baut menggunakan obeng belimbing. Kemudian Pasang kabel Fan/Kipas CPU/PC Cooler pada
    tempat yang tersedia.



3. Selanjutnya, pasang Ram pada slot Ram. Buka pengunci Ram kemudian masukan Ram ke slot
    Ram pada posisi yang benar hingga berbunyi "klik". Ini menandakan jika penguncian Ram pada
    motherboard sudah terpasang dengan benar. Jangan pasang kedua Ram secara bersamaan untuk
    menghindari kerusakan.


4. Langkah keempat adalah memasang motherboar ke casing. Posisikan motherboard sesuai dengan 6
    lubang baut yang tersedia pada casing. Jika sudah pas, kencangkan baut-baut tersebut sehingga
    posisi motherboard tidak goyang.


5. Langkah kelima adalah memasang hardisk. Masukan hardisk kedalam lubang yang terdapat pada
    casing.


6. Memasang kabel panel. Kabel font panel ini adalah kabel yang disediakan pada casing. Untuk
    memasangnya kalian dapat melihat bagan/gambar dibawah ini.


7. Setelah itu pasang kabel usb, hd audio pada motherboard. Kabel-kabel ini adalah kabel
    penghubung slot usb dan audio yang terdapat pada casing. Memasang kabel ini cukup mudah
    karena sudah terdapat keterangan nama kabel pada pada kabel itu sendiri dan motherboard.


8. Langkah terakhir adalah langkah paling ribet karena kalian akan melihat banyak cabang
    kabel yang tidak teratur pada power suply. Agar kabel-kabel ini tertata dengan rapi usahakan agar
    posisi kabel kabel tersebut terletak tepat pada samping casing. Pasangkan kabel power utama yang
    terdapat pada power suply, kabel empat pin ke motherboard, dan kabel power hardisk dari PSU ke
    hardisk. Gunakan lakban untuk memanajemen kabel agar kabel-kabel dari power suply tidak
    terlihat berantakan.


Langkah diatas adalah langkah yang sudah saya terapkan sendiri dalam merakit PC GAME dengan mudah. jika kalian ingin menambahkan vga card kalian dapat memasangnya pada slot kosong motherboard yang ada. Saya sendiri mencoba merakit PC GAME hanya bermodalkan pengetahuan yang saya dapatkan dari google atau youtube. Ternyata merakit PC GAME yang kita inginkan tidak sesulit yang kita bayangkan. Merakit sebuah PC GAME saya ibaratkan seperti memasang dan menyusun sebuah puzzle pada tempatnya. Demikian tutorial cara lengkap merakit PC GAME yang sudah saya sertai gambar dan harga perangkat yang dibutuhkan dalam merakit. Apabila kalian mengalami kesulitan, kalian dapat meninggalkan komentar pada kolom komentar yang terletak di bawah artikel ini.







EmoticonEmoticon