Cara Lengkap Menghapus Kesalahan Error Page Not Found 404 Secara Permanen dan Mudah Dalam 5 Menit

Menjaga kesehatan website sangatlah penting agar tidak terjadinya kesalahan yang mungkin akan membuat para pengunjung website merasa tidak nyaman. Website yang pengelolaannya baik tentunya akan mudah dikenali oleh mesin pencari Google. Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial mengatasi kesalahan atau error page not found 404 yang mungkin dialami oleh para sahabat blogger pemula seperti saya. Untuk memperbaiki kesalahan error page not found 404 ini, kita dapat mencarinya langsung dari webmaster tools yang kita miliki. Webmater tools ini selain memiliki fungsi yang dapat membuat artikel kita cepat terindeks oleh mesin pencarian Google, kita juga dapat memanfaatkannya untuk memonitor atau merawat kesehatan website yang kita miliki. Dengan tools gratisan yang diberikan oleh Google ini, rasanya akan sia-sia jika kita tidak dapat memanfaatkannya dengan baik.

Untuk masalah kesalahan error page not found 404, sobat hanya perlu login ke akun webmaster tools yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jika sudah, sobat dapat mengikuti langkah-langkah mudah agar dapat menghapus secara permanen kesalahan tersebut melalui cara dibawah ini :

1. Search Console

Jika sudah login ke akun webmaster yang sobat miliki, sobat dapat memilih menu search console. Pada menu ini, klik properti atau link website yang akan sobat perbaiki kesalahannya.


2. Crawl Error

Cari menu crawl error untuk mengetahui link error page not found 404 yang sobat miliki. Crawl Error akan muncul pada bilah menu perayapan. Pada contoh ini, saya memiliki 3 kesalahan Url. Centang semua kotak yang terletak di sebelah kiri link error, kemudian klik download link error tersebut dan pilih format "Google Docs".




3. Remove URLs

Jika sudah mendownlad link error tersebut, saatnya sobat menghapusnya melalui menu Remove URLs yang terdapat pada bilah Google Index. Masukan satu demi satu link-link error tersebut kedalam kolom yang disediakan di menu remove URLs, kemudian klik continue, dan submit request.


*tampilan jika sudah masuk kedalam daftar link error yang akan kita hapus.






4. Masuk kembali ke menu Crawl Error.

Jika sudah melihat status pending seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah Masuk kembali ke menu Crawl Errors, centang semua link error yang akan kita hapus dan klik Mark As Fixed yang terdapat pada bagian atas tabel kemudian klik oke untuk memperbaikinya.




Setelah semuanya di lakukan, kita hanya menunggu laporan yang masuk ke akun webmaster kita pada menu Crawl Errors. Kurang dari 1x24 maka akan tampil laporan seperti contoh gambar dibawah ini.

Demikian tutorial lengkap yang saya berikan untuk mengatasi kesalahan error page not found 404 secara permanen dan mudah hanya dalam waktu 5 menit. Apabila ada yang kurang dimengerti tentunya sobat dapat meninggalkan pertanyaan di kolom komentar dibawah artikel  ini.







EmoticonEmoticon