Cara Lengkap Dan Mudah Mengganti Domain Blogspot Menjadi COM (TLD)

Membuat blog yg berkembang merupakan keinginan bagi setiap blogger. Semua blogger tentunya mengharapkan mampu sukses melalui dunia blog dan mendapatkan penghasilan yang lumayan dari hasil yang didapat oleh periklanan yang diberikan oleh adsense. Bicara tentang perkembangan sebuah blog, artinya kita juga tidak luput dari yang namanya Domain. Mengganti Domain Blogspot sebagai Top Level Domain, sangat dianjurkan sekali bagi sobat yang tentunya ingin serius terjun di blogger. Sebenarnya bila sobat masih ingin belajar dan memulai ngeblog dengan menggunakan subdomain blogspot.com juga tidak menjadi masalah, akan tetapi lebih baik dan lebih terlihat profesional jika sobat menggunakan domain Top Level Domain atau yang biasa disebut dengan "TLD". Domain TLD yang dimaksud disini adalah .Com, .Net, dan tentunya masih banyak lagi jenis Domain lainnya yg mampu sobat pilih dari situs penyedia Domain. Sebagai contoh blog yag saya miliki dulunya adalah wendiak.blogspot.com, kini berganti menjadi www.wendiak.com tanpa embel-embel blogspot lagi.  Selain lebih terlihat profesional, blog yang dimiliki juga akan lebih disukai oleh mesin pencarian Google dan mungkin akan lebih mudah lagi bersaing untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian. 

Untuk cara membeli Domain, sobat  dapat memesannya di beberapa penyedia layanan pembelian Domain terpercaya. Banyak sekali perusahaan yang memberikan layananan  jasa pembelian Domain di Internet. Untuk pembayarannya sobat bisa memakai metode pembayaran melalui kartu kredit atau menggunakan metode pembayaran online misalnya Paypal, transfer bank, atau transfer melalui indomaret. Dibawah ini saya akan memberikan cara lengkap dan mudah membeli dan mengganti Domain pada penyedia domain di niagahoster  yang menurut saya cukup murah.

1. Buat Akun Niagahoster 

Buat akun niaga hoster melalui website niaga hoster atau link promo niagahoster disini. Isikan data lengkap yang sobat miliki mulai dari email, alamat,nama lengkap,kodepos,kota dan nomer telpon.

2. Lihat Ketersediaan Domain

Sebelum membeli domain, sobat bisa mencari ketersediaan domain terlebih dahulu disini. Isikan nama domain yang akan sobat jadian pengganti domain lama. Karena bisa jadi domain yang akan sobat beli sudah dimiliki oleh orang lain.



3. Tambahkan Ke Pembelian

Jika terdapat pemberitahuan domain ini tersedia, langkah selanjutnya adalah melakukan pembelian dengan memilih tombol tambahkan ke chart sampai muncul detail order domain yang terletak disebelah kanan atas website.


4. Order Domain Tanpa Hosting

Karena kita akan membeli domain saja, sobat dapat memilih pilihan order tanpa hosting dan klik selanjutnya tanpa memberikan tanda centang pada paket yang akan ditawarkan selanjutnya.


5. Melakukan Pembayaran

Setelah mengikuti langkah diatas, sobat dapat mengisi informasi diri pada kolom yang sudah disediakan dan memilih metode pembayaran yang ada kemudian klik Checkout Sekarang. Sebagai contoh saya akan melakukan pembayaran domain tersebut melalui indomaret. Jika muncul kode pembayaran, catat kode pembayaran tersebut dan lakukan pembayaran dengan menunjukan kode pembayaran kemudian bayar sesuai dengan harga domain yang sudah ditetapkan.

6. Konfirmasi Pembayaran

Setelah malakukan pembayaran, sobat diminta untuk mengkonfirmasikan pembayaran melalui akun niaga hoster yang sudah sobat buat. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan memilih menu "tagihan" lalu klik "konfirmasi".



7. Tunggu Pengecekan Pembayaran

Tunggu pengecekan pembayaran jika sobat sudah klik pilihan konfirmasi. Biasanya akan ada laporan domain aktif bila sudah melakukan tahapan diatas. Jika belum ada, sobat akan diminta untuk mengkonfirmasikan ulang pembayar yang sudah  dilakukan secara manual.

Saya rasa tahapan membeli domain yang sudah dijelaskan diatas sudah lengkap. Sekarang adalah tahapan dimana sobat dapat mengaitkan domain yang sudah sobat beli untuk menggantikan domain blogspot yang sobat miliki sebelumnya. Langkah-langkahnya cukup mudah. Silahkan simak penjelasan saya dibawah ini. 

1. Masuk ke Akun Blog

Masuk ke akun blog yang sobat miliki, cari stelan atau pengaturan yang memiliki icon roda gerigi. Pilih setelan dasar kemudian klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda


2. Masukan Nama Domain

Masukan nama domain yang sudah sobat beli, dengan diawali dengan www sebagai contoh, 
(contoh: www.wendiak12.com). Jika penulisan domain yang diinginkan sudah dirasa benar, sobat dapat klik simpan. Setelah itu akan muncul CNAME yang akan digunakan untuk mengatur DNS.


Contoh screenshoot CNAME yang saya blur dan nantinya harus dicopykan ke dalam akun niagahostinger yang suda sobat buat 





3. Mengatur DNS  

Selanjutnya adalah mengatur DNS. Untuk mengatur DNS sobat dapat masuk kedalam akun penyedia Hostingan yang sudah sobat buat pada penjelasan awal artikel diatas. Silahkan copykan terlebih dahulu CNAME 1 yang ada pada contoh gambar diatas, kemudian masukan CNAME 1 tersebut kedalam pengaturan hosting dan domain pada akun hostinger yang sobat buat. Cari DNS Management kemudian klik tombol custom blogspot. Disana nantinya terdapat 2 kolom  isikan CNAME 1 ke dalam kolom Domain yang paling atas, kemudian kembali ke Tap blogger dan copy pastekan CNAME 2 yang ada disebelah kanan kedalam kolom Value lalu klik save jika dirasa sudah benar pengisiannya.


                                    Tunggu proses berjalan kurang lebih selama 15 menit.


4. Cek Kembali CNAME

Jika sudah, cek kembali CNAME di tab DNS pada akun niagahoster. Jika CNAME sudah terisi, maka custom blogspot sudah berhasil dan tunggu proses 1x24 jam untuk melihat perubahan pada blog yang sobat miliki.

Demikian tutorial cara lengkap dan mudah didalam mengganti domain blogspot menjadi .com. Semoga dapat memberikan manfaat. Apabila ada hal yang kurang dimengerti, silahkan berkomentar langsung dibawah postingan ini.

















EmoticonEmoticon