Router Murah dan Berkualitas Untuk Menangkap dan Menyebar Sinyal Wifi

Beberapa bulan yang lalu saya  membeli tenda n301 wireless router dari salah  satu situs terkenal online shop. Tidak hanya karna harga yg ditawarkan murah, karena pada waktu itu juga saya mendapatkan voucher sehingga router yang saya beli ini memiliki harga sangat murah dari harga normal di toko-toko offline maupun online lainnya. Selain murah, fitur yang dimiliki juga sangat lengkap. Kelebihan yang terdapat pada Tenda N301 yaitu pada kedua antena yang berada di bagian kanan dan kiri dengan tinggi sejajar dan memiliki bentuk serupa. Kegunaan antena tersebut dapat menjadikan frekuensi jaringan yang dihasilkan mampu menjangkau area yang lumayan jauh. Saya sendiri membuktikan jika router ini adalah router yang lumayan baik dan stabil untuk digunakan lebih dari 8 perangkat. Saya menggunakan router ini untuk menangkap dan menyebarkan sinyal wifi keperangkat yang saya miliki.

Meski dikenal menjadi router kelas entry level(menengah) yg mampu dibeli menggunakan harga murah, bukan berarti eksistensi Tenda N301 hanya menawarkan satu atau dua fitur. Sebab Tenda secara apik telah menempatkan beberapa fitur tambahan yg mengakibatkan produk satu ini unggul. Adapun fitur yang masih ada di dalamnya adalah:

Hardware (Perangkat Keras) :

Standard&Protocol: IEEE 802.3/3U IEEE 802.11n/g/b
Interface: 1 10/100Mbps WAN Port;3 10/100Mbps LAN Ports
Antenna: 2 fixed 5dbi Omni Directional antenas
Button: 1 Reset/WPS Button
Dimension: 127.4mm*90.5mm*26mm (L*W*H)
Internet Connection Type: Dynamic IP、PPPOE、Static IP、L2TP、PPTP

Wireless :

Wireless Link Rate: IEEE 802.11n: up to 300Mbps;IEEE 802.11g: up to 54Mbps;IEEE 802.11b: up to 11Mbps
Frequency Range: 2.412GHz-2.472GHz
Wireless Function: Enable/Disable Wireless Radio;Wireless Access Control

Software (Perangkat Lunak) :

Wrieless Security: 64/128bit WEP;WPA-PSK;WPA2-PSK;WPS support
DHCP Server: Built-in DHCP server;DHCP Client List;Address Reservation
Virtual Server: Port Forwarding;DMZ Host
Dynamic DNS: No-IP;dyndns
VPN Pass-Through: PPTP;L2TP

Instalasi dan Konfigurasi

Seperti wireless router lainnya, tenda n301 ini tidak memerlukan software atau driver spesifik. Kita tinggal akses IP Address yg tertera dibagian bawah wireless router, standardnya : 192.168.0.1 menggunakan password "admin" namun nanti kita mampu mengubahnya setelah masuk ke dalam setelan router. Untuk pengaturannya kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Apakah dijadikan wireless extender / repeater (sebar dan tangkap sinyal), access point atau router. Langkah-langkah pengaturannya hampir sama dengan menggunakan wireless router lainnya, hanya saja ada perbedaan sedikit yaitu tidak selaras di interface saja.

Dapat Mengontrol Bandwidth






fungsi dari fitur satu ini artinya buat membatasi bandwidth pada masing-masing client, sehingga
tidak ada kata satu ruangan koneksinya cepat dan lainnya lambat.

IP Address Filter


Buat sobat yang menginginkan untuk membatasi akses internet seseorang yang masuk kedalam router yang sobat miliki, tentunya fitur ini sangatlah penting. Fitur ini memberikan kemudahan di dalam membatasi perangkat untuk mengakses internet yang di dapatkan dari router.

Wireless Extender

Pada fitur ini berguna untuk memperluas jangkauan access point yg dihasilkan. Semua fitur & performa lengkap yg ada pada router ini dapat dimiliki oleh sobat jika membeli tenda n301 dengan harga 100 ribuan saja.

Demikian penjelasan singkat tentang router murah dan berkualitas yang tentunya dapat sobat pertimbangkan untuk menangkap dan menyebar sinyal wifi.


1 komentar:


EmoticonEmoticon