Cara Terbaik Mengembalikan Jumlah Trafik Pengunjung Blog Setelah Mengganti Domain (TLD)

Membuat sebuah blog tentunya dibutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi dan juga pastinya akan memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mengatur agar blog yang kita miliki terlihat menarik oleh pengunjung blog. Banyak sekali waktu yang kita gunakan hanya untuk mengutak atik artikel, ataupun mengotak-atik tampilan tema pada blog kita sendiri. Akan sangat disayangkan jika Traffik blog mulai turun karena ranking di mesin pencarian google juga akan menurun dikarenakan jarang posting artikel seperti di blog yang saya miliki ini. Selain dari jarang menulis artikel, ada juga faktor lainnya yang dapat membuat traffik pengunjung blog menurun. Salah satunya adalah ketika saya mengganti subdomain "blogsspot.com" ke domain ".com" (TLD).
BACA :Cara Lengkap Untuk Mengganti Domain Blogspot ke .com
Setelah mengganti domain bawaan dari blogspot ke custom domain TLD yang sudah di daftarkan, secara otomatis juga domain blogspot yang kita miliki akan tergantikan ke custom domain yang sudah kita daftarkan, dan setelah itu subdomain "blogspot.com" tentunya juga akan berubah menjadi Top Level Domain ".com atau juga .net, .id dan jenis-jenis Top Level Domain (TLD) lainnya yang mungkin sobat miliki. Permasalahannya adalah jika tiba-tiba pengunjung blog yang sobat miliki tiba-tiba menurun derastis setelah mengganti domain TLD tersebut, tentunya kita juga akan merasa was-was dan takut jika lambat laun tidak ada lagi pengunjung setia yang berkunjung ke blog. Tapi tenang saja sobat, trafik pengunjung yang hilang itu hanya bersifat sementara saja dan pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya agar kita dapat cepat mengembalikan jumlah pengunjung blog yang menurun yang Insya Allah jumlah pengunjung tersebut akan kembali naik seperti awal kita menggunakan subdomain blogspot.

Untuk cara mengembalikan pengunjung blog yang menurun sementara akibat kita mengganti domain, adalah dengan cara menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh google. Aplikasi tersebut adalah google webmaster. Google Webmaster Tool adalah sebuah fitur yang didesain Google agar mempermudah penggunaan sebuah situs di  mesin pencari. Dengan begitu, kita akan lebih gampang memantau aktivitas situs yang tersedia di dalam mesin pencari. Tentu saja aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Manfaat dari Webmaster Tool yaitu dapat kita gunakan untuk melihat atau mengindex kembali website yang didaftarkan pada mesin pencari Google, Melihat Crawl, Melihat Traffik, dan lainnya.

Berikut adalah cara agar kita dapat mengembalikan jumlah trafik pengunjug setelah mengganti domain.

1. Masuk Kedalam Webmaster Toll

Login atau masuk kedalam webmaster toll yang sobat miliki kemudian klik menu home dan "add a property". Di dalam kolom add property, sobat dapat memasukan nama website yang sudah berganti domain.


2. Submit Ulang Blog

Submit ulang blog melalui link ini ,masukan nama lengkap website yang sobat miliki. Centang "I am not robot" dan klik submit.


3. Lakukan Sitemap di Webmaster Tool

Lakukan sitemap di webmaster tool. masuk kembali ke akun webmaster kemudian klik search console, klik website yang sudah dimasukan kedalam add property. Cari menu crawl dan pilih menu sitemap. Setelah itu klik add/test sitemap lalu masukkan kode " atom.xml " tanpa tanda kutip lalu klik submit seperti gambar dibawah ini




Jika suda biarkan google bekerja mengindex artikel yang terdapat pada website yang sobat buat. Biasanya sobat akan melihat ini bekerja setelah sobat melakukan cara diatas setelah dua hari. Perubahannya akan tampak terlihat pada diagram batang yang berwarna merah. Gambar dibawah ini merupakan contoh jika google telah mengindex 8 artikel yang saya miliki. (lihat batang yang berwarna merah). 


4. Rajin Menulis Artikel

Agar robot Google lebih mudah lagi mengenal dan merayapi website yang sobat miliki tentunya sobat dituntut untuk selalu rajin mengupdate artikel kedalam website. Jika itu semua sudah dilakukan maka lambat laun artikel dan website yang sudah berganti kostum domain akan cepat terindeks oleh Google.

Demikian artikel singkat cara mengembaikan jumlah trafik pengunjung blog setelah mengganti domain TLD. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi sobat blogger yang ingin menjaikan blognya bukan hanya sekedar menyalurkan hobi tetapi juga bisa untuk mendapatkn penghasilan yang lebih. Jika ada bagian artikel yang kurang di mengerti, sobat bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar.



EmoticonEmoticon