10 Aplikasi CCTV Android Tercanggih, Terbaru, & Terbaik Dunia

Di era Modern seperti sekarang ini, kegunaan CCTV sangatlah penting terutama untuk menjaga keamanan lingkungan disekitar rumah, kantor ataupun tempat usaha yang dimiliki oleh seseorang.

Dulu CCTV membutuhkan komputer untuk tetap dapat beroperasi selama 24 jam lamanya. Seiring dengan perkembangan zaman, CCTV kini dapat kita akali dengan hanya bermodalkan smartphone Android bekas. Seperti pada artikel sebelumnya yang pernah saya ulas, penggunaan CCTV pada Android tentu haruslah menggunakan akses jaringan Internet yang aksesnya bisa didapat melalui kuota data seluler maupun WIFI.

Contohnya saja dengan menggunakan aplikasi Track View. Dengan aplikasi Track View kita dapat memantau keadaan rumah atau lingkungan disekitar hanya melalui smartphone Android yang kita miliki. Bahkan ada juga aplikasi CCTV yang disediakan untuk memantau berbagai wilayah yang ada di dunia. 

Jika kalian ingin mencari-cari aplikasi lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk dijadikan CCTV di smartphone Android, pastinya kalian bisa melihat rekomendasi 10 aplikasi CCTV paling canggih di Android yang bisa kalian gunakan seperti dibawah ini :

1. TRACK VIEW


Track View adalah aplikasi cerdas yang dapat diinstal di Android dan mampu merekam seseorang dengan gerak-gerik dan suara yang cukup mencurigakan.

Dengan aplikasi ini kalian bisa mengubah smartphone android dan PC sebagai alat perekam dan penerima rekaman yang terhubung dengan GPS. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk operation system Windows atau Mac.

2. IP Webcam


IP Webcam adalah salah satu aplikasi CCTV terbaik kedua yang berfungsi untuk merekam segala aktifitas lingkungan sekitarnya. Aplikasi canggih yang dibuat oleh protesis Pavel Khlebovich ini mampu merekam gerak-gerik orang sampai suara sekalipun.

Untuk menggunakannya, kalian harus mempunyai 2 buah perangkat, yakni android, PC atau tablet. Sedangkan untuk bisa memonitoringnya kalian  dapat menggunakan banyak sekali cara, baik itu melalui VLC Media Player ataupun Browser.

Selain berfungsi sebagai alat pengintai, aplikasi besutan ini juga mempunyai beberapa fitur pengintai yg dapat kalian  manfaatkan, di antaranya yakni fitur recording (perekaman), pendeteksian bunyi, pengaturan resolusi, dan lain sebagainya.

3. WIfi Baby Monitor


Melalui aplikasi WiFi Baby Monitor, kalian dapat memantau ruangan atau spot, memakai perangkat CCTV buatanmu sendiri. Penggunaannya pun relatif mudah, kalian  hanya perlu meletakkan perangkat smartphone yang tidak terpakai atau bekas ke spot yg ingin kamu lihat dan awasi.

Jika ingin terkoneksi, ke 2 perangkat harus terhubung dengan koneksi internet (WiFi) yang sama. Dengan catatan WiFi tadi bukanlah output berdasarkan hotspot ponsel android yg di gunakan sebagai alat monitoring, melainkan melalui jaringan WiFi yang ada di sekitarmu.

Selama pemantauan berlangsung, kamu bisa melakukan zoom-in atau zoom-out, melakukan pengaturan cahaya, sampai merekam segala jenis aktivitas yg berlangsung melalui layar pada android.

4. Warden Cam


Jika Kalian mempunyai smartphone yg tersimpan baik dan masih dapat berfungsi dengan normal? Sangat sayang kan, jika itu tidak terpakai? lebih baik kalian gunakan agar berfungsi sebagai kamera pengaman di rumah. Aplikasi bernama WardenCam ini akan membantumu pada saat memonitoring segala aktifitas melalui kamera CCTV yang terdapat di android yang telah kalian pasang secara tersembunyi.


Salah satu kelebihan aplikasi ini yaitu adanya dukungan atau fitur Night Vision. Dimana kalian sanggup memantau lingkungan sekitar dengan minimnya cahaya penerangan.

5. Tiny Cam Monitor


Aplikasi CCTV berikut ini adalah aplikasi yang sanggup dalam mengontrol situasi dari jarak jauh dengan menghasilkan kualitas gambar yg cukup baik. Cara kerjanya pun relatif sangat mudah, kalian hanya perlu menghubungkan aplikasi tinyCam Monitor ini menggunakan perangkat kamera CCTV melalui IP.


Ada Beberapa merek kamera pendukung yang dapat kalian gunakan untuk memonitoring diantaranya adalah Amcrest, Foscam, D-Link, Edimax, Panasonic, Pixord, & masih banyak yang lagi. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kalian mampu melakukan control PTZ (Pan/Tilt /Zoom) pada perangkat kamera yg terpasang secara real-time.

6. IP Cam Viewer Basic


Memiliki kamera CCTV di rumah tentu sangatlah aman. Terlebih lagi jika kalian dapat memantaunya dari jarak jauh. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk memantau rumah kalian secara langsung melalui smartphone android.

Kalian juga nantinya dapat melakukan beberapa fungsi pada fitur yang terdapat pada aplikasi ini, di antaranya Berfungsi sebagai auto-focus, recording, dan masih banyak lagi.

7. Live Camera Viewer


Aplikasi ini berbeda dari aplikasi webcam lainnya. Menggunakan aplikasi keren ini memungkinkan kalian untuk bisa melihat CCTV secara langsung ke berbagai tempat sudut kota di banyak negara di Dunia, termasuk juga di kota-kota besar Indonesia.

Untuk menelusuri wilayah mana yg ingin kalian pantau, kalian hanya perlu memilih Negara yang ingin kalian jelajahi. Tetapi dengan syarat, tempat dari negara yang akan kamu cari harus telah di bekali dengan kamera CCTV yang sudah mengaktifkan fitur online streaming untuk dapat dilihat oleh orang banyak.

8. Droid Cam Wireless Webcam


Aplikasi DroidCam ini juga cukup canggih, karena dapat menjadikan perangkat androidmu sebagai CCTV dengan memanfaatkan fitur pada fungsi webcam IP. Kalian dapat memantau segala kegiatan yang direkam oleh perangkat melalui browser yang dipakai seperti chrome, mozila dan masih banyak lagi.

Selain itu aplikasi DroidCam juga sudah dipakai dan diunduh lebihdari 1 juta pengguna. Aplikasi ini juga mendukung resolusi tinggi (HD) sampai 720p.

9. Video Surveillance Ivideon


Aplikasi di urutan ke sembilan ini adalah Video Surveillance Ivideon yang sanggup dalam memantau obyek kamera pengaman yang terpasang di tempat strategis. Sayangnya Kamera pengaman yang dapat digunakan bukanlah perangkat dari smartphone Android, melainkan sebuah kamera yg mempunyai fitur sophisticated, seperti NRVs & DVR.

Kualitas bunyi serta ketajaman yang dihasilkan dari aplikasi ini tergolong sangat baik. Selain itu, Video Surveillance Ivideon juga mendukung aneka macam kamera wireless terbaru dengan merk Axis, Dahua, Hikvision, iLuv, Oco, Philips, serta masih banyak lagi kamera-kamera sejenis lainnya.

10. Foscam Viewer


Aplikasi ke sepuluh adalah aplikasi terakhir yang saya rangkum di blog ini, apikasi ini bernama Foscam Viewer yang memiliki banyak sekali fitur canggih yang bisa kita andalkan untuk memonitoring. Kalian dapat dengan mudahnya memantau berbagai kegiatan atau aktifitas yyang ada di dalam rumah maupun wilayah-wilayah tertentu agar tetap selalu terjaga dengan aman.

Agar dapat menjadikan aplikasi ini sebagai alat pemantau, kalian harus memiliki  kamera CCTV atau IP Webcam yang mendukung jaringan protokol. Setelah itu kalian akan dapat melihat secara langsung aktifitas sekitar dengan menghubungkan perangkat Android dari kamera pengaman CCTV tersebut, baik itu menggunakan jaringan 3G paket data seluler ataupun WiFi.




EmoticonEmoticon