Cara Lengkap Menjadikan 2 HP Android Bekas Menjadi CCTV

Jika kalian memiliki smartphone android bekas, akan sangat disayangkan bila kalian tidak menjadikannya untuk sesuatu yang bermanfaat. Di artikel ini saya akan memberikan tutorial kepada sobat yang ingin memanfaatkan HP Android bekasnya agar bisa dipakai untuk dijadikan kemera pemantau atau yang biasa kita sebut CCTV.

CCTV merupakan alat yang biasa dipakai oleh seseorang atau perusahaan, pemilik rumah, gudang penyimpanan barang atau pemilik toko untuk memantau keamanan rumah, kantor dan tokonya. Harga kamera CCTV yang dijual dipasaran sebenarnya saat ini sudah cukup terjangkau, hanya saja mungkin diantara kita ada yang memiliki barang bekas yang tidak terpakai lagi dan sangat disayangkan bila tidak kita manfaatkan dengan menjadikannya sebagai barang yang memiliki manfaat.

Agar kita dapat memanfaakan smartphone android kita sebagai CCTV syarat utama yang harus kita siapkan adalah koneksi internet. Untuk Jaringan internetnya bisa kalian manfaatkan dari wifi ataupun paket data yang sudah kalian daftarkan pada kartu sim yang kalian pakai.

Apabila koneksi internet sudah kita miliki, hal paling utama tentu kita harus memiliki 2 HP Android. Hp Android yang kita pakai nantinya berguna sebagai kamera pemantau CCTV dari rumah dan yang satunya lagi kita jadikan sebagai alat pemantau jarak jauh atau hp utama yang biasa kita pakai sehari-hari.

Syarat lainnya agar kalian dapat menjalankan kedua HP Android tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi CCTV Android yang dapat kalian download di google playstore. Dengan aplikasi ini nantinya dapat kalian gunakan untuk mempermudah memantau keadaan rumah pada saat kalian berpergian. Dan perlu diingat, jika Android bekas yang akan kita gunakan nantinya sebagai CCTV, harus kita tempatkan di tempat yang tersembunyi sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dari orang-orang yang melihatnya.

TRACK VIEW


Aplikasi yang akan kita gunakan disini adalah Track View. Track view adalah aplikasi yang berfungsi untuk menjadikan smartphone android bekas kalian, sebagai kamera pengintai. Dengan aplikasi ini, nantinya akan mempermudah kalian dalam memantau smertphone bekas yang kalian pasang dirumah langsung ke smartphone utama yang biasa kalian gunakan sehari-hari. 

Download terlebih dahulu aplikasi track view langsung melalui google play store atau bisa juga langsung melalui link yang saya sediakan disini. Untuk langkah penggunaannya dapat kalian ikuti melalui tutorial yang saya berikan dibawah ini :

LANGKAH-LANGKAH LENGKAP MENJADIKAN 2 HP ANDROID SEBAGAI CCTV

1. Jalankan koneksi internet melalui data seluler atau bisa juga wifi.

2. Buka aplikasi track view. Jalankan aplikasi tersebut di 2 HP berbeda yang nantinya akan kalian
    gunakan sebagai CCTV dan pemantau jarak jauh, kemudian login ke akun email yang sama
    pada kedua smartphone tersebut.

3. Setelah kedua sartphone tersebut sudah masuk kedalam satu akun email yang sama, 
    pastikan jaringan internet yang kalian gunakan stabil sehingga kedua smartphone tersebut
    terhubung. Lihat keterangan dibawah "remote devices".  Disana nantinya kalian akan melihat 
    akun email yang sama tetapi mengggunakan nama device smartphone android yang berbeda. Ini
    menandakan jika kedua smartphone tersebut sudah saling terhubung.

4. Klik tombol icon kamera pada aplikasi track view di smartphone yang akan kalian gunakan
    sebagai alat pantau jarak jauhnya. Pastikan jika kalian dapat melihat obyek yang ada pada
    smartphone yang kita jadikan sebagai CCTV.

5. Simpan smartphone android bekas tersebut ke tempat yang tersembunyi dengan
    mengaktifkan data seluler atau wifi sehingga tetap terhubung ke jaringan internet. 

Nah, cukup mudah bukan cara menjadikan 2 Hp android tersebut sebagai CCTV. Saran saya supaya smartphone yang kalian gunakan tetap terhubung di jaringan internet, kalian juga bisa menggunakan powerbank agar android yang kalian gunakan sebagai CCTV tersebut tetap dalam kondisi stand by di tempat yang kalian sembunyikan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang ingin agar dapat menjadikan rumah kalian aman dari sesuatu yang tidak kita inginkan.

Apabila kalian mengalami kesulitan dalam menjalankan tutorial yang saya sediakan diatas, kalian bisa meninggalkan komentar tepat dibawah artikel pada kolom komentar yang saya sediakan dibawah ini.


EmoticonEmoticon